Monday, September 04, 2006

MEMAHAMI NURSING BLOG (BLOG KEPERAWATAN)



Memahami Nursing Blog (Blog Keperawatan) ;
Langkah Awal Menuju Pengembangan Telenursing (tele keperawatan)
Berbasis Informatika Kesehatan di Indonesia


Nursing Blog Knowledge ; First Steps Toward Telenursing Development, base on Informatics Health in Indonesia





Visi : Menginternetkan Perawat Dan Merawat Internet
Misi : "Telenursing for All Indonesian Nurses Around The World's"


Siapa bilang teknologi kesehatan itu mahal ?

Alkisah seorang dokter Vietnam (tapi ini benar-benar terjadi) berhasil mengakali Endoskopi yang nilainya 30.000 U$ dollar menjadi bernilai sekitar 1.000 U$ dollar saja. Biaya yang paling mahal dari endoskop buatan tangan ini adalah karena skope/kamera yang berharga 800 U$ dollar. Sedangkan adaptornya hanya sekitar 30 U$ dollar. Menurut dr Nguyen Phouc Huy, alat yang dibuat menggunakan komputer Pentium IV dan sistem operasi windows tersebut bisa dibuat dalam waktu hanya seminggu saja. Sedangkan penelitian untuk membuat alat ini sekitar 2 tahun.
1).blog erik tapan - akal akses tehnologi

Apakah akses internet di Indonesia memang mahal ?

Sekarang tanyakan kepada para blogger (istilah yang pas untuk penggemar blog) yang selanjutnya lebih difokuskan kearah nursing blogger (perawat yang gemar membuat blog), jawabnya mungkin "murah" sekali - terlebih untuk perawat Indonesia yang saat ini bermukim di luar negeri. Memang biaya internet di indonesia masih terbilang mahal dengan katakanlah tarif warnet di Indonesia Rp. 5.000,-/jam, namun jika dibandingkan semisal di Kuwait yang tarif di Internet Cafe Rp. 20.000,-/jam; kan - tetap masih terbilang "murah" juga ?. Tarif internet di Indonesia memang lebih "mahal" 7 kali dari tarif internet dunia , tapi tenang ada berita terbaru bahwa Pemerintah akan menggelar tender serat optik internasional dalam waktu dekat ini. Menkominfo Sofyan Djalil menjanjikan, tarif internet Indonesia bakal semurah Singapura.

"Tender fibre optic untuk internasional akan segera di gelar. Kalau terealisasi, pertengahan tahun depan (2007) Indonesia akan semurah Singapura internetnya," ujar Sofyan di sela-sela acara peluncuran Kuliah Jarak Jauh (Distance Learning) antara Bakrie Telecom, ITB serta Qualcomm di Kampus ITB - Bandung, Jumat (25/8/2006)
2). detik.com berita

Kenapa bisa mahal ???

Tingginya harga sambungan internet di Indonesia dipicu oleh banyaknya penyelenggara jasa internet yang memilih mengambil sambungan ke penyedia asing daripada penyedia domestik seperti Telkom dan Indosat. Bandwidth yang merupakan komponen utama dalam penyediaan akses internet kepada pelanggan atau warung internet masih didominasi oleh provider asing. Terungkap bahwa tingginya harga bandwidth dalam negeri karena adanya komponen tarif tambahan yang harus disediakan operator satelit nasional seperti biaya hak penggunaan (BHP) frekuensi, PPN, dan pajak penghasilan (PPh). Komponen tarif itu bisa mencapai 30% dari seluruh harga yang diberikan operator satelit kepada pengelola internet di Indonesia. Satelit asing yang masuk ke Indonesia tidak perlu menyediakan komponen-komponen biaya tersebut, sehingga harga jualnya menjadi lebih murah. 3) http://www.apjii.or.id/news/index.php

Tidak seperti di mancanegara, akses internet di Indonesia mempunyai perbedaan signifikan dalam hal infrastruktur. Jika di luar negeri orang berlangganan akses internet ke sebuah ISP (Internet Service Provider) maka konsepnya hanya satu yaitu mengakses jaringan global. Lain halnya di Indonesia dengan keterbatasan infrastruktur kontent dalam negeri seolah-olah terpisah dari kontent global. Semua ini terjadi karena kurangnya infrastruktur yang terpadu di tingkat nasional atau antar wilayah. Indonesia Upaya ini untuk menyatukan trafik antar ISP di Indonesia sehingga tidak perlu transit ke luar negeri, di mana setiap ISP mempunyai link internet masing-masing (ada yang ke Singapura, Hongkong, Jepang, Hawai’i, dan bahkan Eropa).

Jika kondisi saat ini terus berlangsung, akses internet menjadi senjang bagi ISP-ISP di luar kota Jakarta. Saat ini ISP tersambung tanpa biaya bandwidth, biaya yang keluar hanyalah biaya link fisik (Fiber Optik, Wireless ataupun Leased Line) yang berbeda-beda, cukup murah bagi ISP yang berlokasi di Jakarta, tapi sangat mahal bagi ISP di luar Jakarta. Apalagi di luar Jawa yang biaya link fisiknya saja jauh lebih mahal daripada link internasional termasuk kapasitas bandwidth langsung melalui satelit ke luar negeri. 4) http://yulian.firdaus.or.id/2005/07/15/iix/

Apakah kita sebagai perawat, kita mesti "gaptek" (gagap tehnologi) atau malah tertantang untuk menjelajahi tehnologi ?

Hampir sepertiga orang dewasa di Uni Eropa tidak paham dasar-dasar menggunakan komputer atau bisa dibilang gagap teknologi ("gaptek") komputer. Misalnya saja, mereka masih bingung ketika menggunakan mouse untuk membuka aplikasi komputer atau menggunakan internet.5) Dengan kata lain bahwa apabila saat ini kita sebagai perawat belum memahami tentang aplikasi internet dalam tehnologi informatika kesehatan adalah hal wajar. Hanya saja, kuncinya tinggal kita mau belajar untuk mengenal internet lebih jauh agar perkembangan telenursing di Indonesia dapat segera berkembang seiring perkembangan sistem informatika kesehatan.5).http://www.detikinet.com/index.php/
Internet di Indonesia berawal pada awal tahun 1990-an, saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa diantara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktifitasnya terutama yang melibatkan perdagangan Internet. Sejak 1988, ada pengguna awal Internet di Indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet.
6)http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet_Indonesia#Awal_Internet_Indonesia

Saat ini perkembangan internet semakin gencar di Indonesia Data terakhir APJII menunjukkan jumlah pengguna internet di Indonesia secara keseluruhan berjumlah 20 juta orang sementara yang menjadi pelanggan adalah sejumlah enam juta orang. Sementara Nilai bisnis penyelenggara jasa internet (PJI) tahun ini diproyeksikan mencapai Rp. 200 miliar, belum termasuk operator telekomunikasi yang juga menjalankan bisnis jasa internet. Asosiasi Warnet Indonesia (AWARI) memperkirakan jumlah warnet di Indonesia akan tumbuh dari 1.800 unit pada akhir 2005 menjadi sekitar 2.500 unit pada akhir 2006. Jumlah warnet saat ini masih jauh di bawah target yang tahun lalu ditetapkan AWARI sebesar 2.400 unit. Menurut assosiasi tersebut, pendapatan rata-rata warnet sekitar Rp. 10 juta perbulan, sehingga nilai bisnis layanan akses internet milik perusahaan kecil ini diperkirakan mencapai Rp. 300 miliar dalam satu tahun.
7) http://www.apjii.or.id

Berdasarkan penelusuran dengan mesin pencari (search engine) Yahoo dan Google, setidaknya terdapat 29 situs web berbahasa Indonesia yang menyediakan ruang konsultasi kesehatan. Situs dibangun oleh beragam kalangan, seperti rumah sakit, perusahaan farmasi, organisasi profesi kedokteran, organisasi kemasyarakatan, LSM, partai politik, bahkan perorangan. Dibandingkan dengan media lain, seperti media cetak, televisi atau radio, pengguna internet sebenarnya lebih diuntungkan. Di jagat maya, hampir seluruh spesialisasi kedokteran bisa ditemukan ruang konsultasinya. Mungkin bisa menandingi rumah sakit pusat, mulai dari kedokteran umum, seksologi, urologi, kedokteran anak, mata, gigi, sampai bedah tulang.

Tengok saja dua situs "besar" Indonesia, detikHealth-Detik.com dan Kompas Cyber Media (KCM), yang seakan bisa mengatasi semua masalah kesehatan Anda. Setidaknya, bila digabungkan, keduanya mengaku siap melayani 28 jenis keluhan dengan melibatkan tak kurang dari 35 dokter-8. Tentang website keperawatan sendiri masih merupakan sebuah tantangan, untuk paling tidak meningkatkan minat perawat dalam mengembangkan sistem informatika kesehatan.

Dilain pihak, semenjak diterapkannya kebijakan desentralisasi kesehatan, berbagai kalangan menilai bahwa Sistem Informasi Kesehatan (SIK) di Indonesia semakin lemah (kalau tidak bisa dikatakan kolaps). Departemen kesehatan selalu mengeluh bahwa input data dari propinsi, apalagi kabupaten, sangat berkurang. Di sisi yang lain, beberapa daerah mengatakan bahwa penerapan sistem informasi kesehatan semenjak era desentralisasi memberi dampak yang lebih baik baik. Hal ini ditunjukkan dengan semakin tingginya motivasi dinas kesehatan untuk mengembangkan SIK, semakin banyak puskesmas yang memiliki komputer, tersedianya jaringan LAN di dinas kesehatan maupun investasi teknologi informasi lainnya. 9) blog fuad anis

Bagaimana perkembangan website dan blog keperawatan ?

Situs website interaktif tentang keperawatan masih sangat sedikit sekali di Indonesia. Itupun portal situs terbesar tersumbang oleh website PPNI di www.inna-ppni.or.id (statistik pengunjung per tanggal 27/8/09 visitor sebanyak 108.943 page views dan cenderung meningkat di bulan Mei, Juni, Juli dan Agustus 2006 ) sejak September 2005. Dengan register user/daftar anggota 233 orang. Sedangkan website keperawatan di luar negeri sebagai contoh bandingkan saja dengan website http://pna-ph.org milik Philipines Nursing Association, maka tampilan dan hits dari website sebenarnya PPNI tidak kalah menarik. Namun sisi maksimal penggunaan iklan dan access dari PNA lebih detail digarap.

Namun jangan berkecil hati, bahwa cikal bakal website keperawatan di Indonesia mungkin akan semakin berkembang justru melalui nursing blog/blog keperawatan. Trend perkembangan wesbite keperawatan melalui blog/weblog ini lebih banyak dimulai melalui banyaknya perawat indonesia yang bekerja di luar negeri saat ini, yang rajin online internet ("dan kebetulan sebagian besar baru bisa internet setelah di luar negeri"). Hal ini berbeda kontras sekali dengan blog kedokteran/blog yang dibuat oleh dokter indonesia, yang semua berasal dari dokter yang tinggal di Indonesia.

Sebagai contoh blog keperawatan Indonesia dari berbagai negara :
1. Kuwait :
http://www.siswanto.co.nr (dengan 9 blog link keperawatan)
www.bangwiseno.blogspot.com
www.abuhukma.blogspot.com (dengan 2 blog link keperawatan)
www.hadi-creativity.blogspot.com (dengan 2 blog link keperawatan)
Diabetes nursing information
Mahfud corner room
Khomsah room
www.syaifulloh.blogspot.com
All about Hemodialisa
Nurse Health
My Freewebs.com
http://www.freewebs.com/fajarkemala
www.perawat.net portal latihan perawat (maaf salah denk: ralat ,,, buatan perawat saudi )
2. Belanda : http://www.agusw.com - Dian Syahroni room
3. Arab Saudi : alumni akper sumedang di Saudi
4. Australia : http://anamku.piczo.com
5. Amerika Serikat : Indonesiannurse room
6. Inggris : www.angel fire.com/R.Priharjo
7. Indonesia : Artikel Bondan Palestin

Sebagai komparasi beberapa blog dokter/tenaga kesehatan Indonesia (kebetulan semua rata-rata bermukim di Indonesia) , seperti :
www.eriktapan.blogspot.com (dokter interest Informatika Kesehatan)
http://danartsign.blogspot.com (dokter interest Informatika Kesehatan)
http://as3pram.blogspot.com (PTT dokter)
http://retnoningrum.blogspot.com (microbiologist)
Dokter bedah room (Bedah)
Dokter Biotek Room (dokter biotek, Bisnis Kesehatan)
http://arifindj.blogspot.com
dokter seksologi konsultasi room
dr.edwin juanda(dermatologist)
Dosen IKM UGM – interest in Informatika Kesehatan-info
MKM – di London

Dan semua blog tersebut diperoleh dengan "gratisan". Namun ada 2 analisa menarik; pertama bahwa blog keperawatan rata-rata ditulis oleh perawat yang kebetulan bermukim di luar negeri; dan yang kedua dibuat/ditulis oleh perawat yang sebagian besar staf keperawatan – maksudnya bukan ahli di bidang keperawatan tertentu atau berlatar belakang pendidikan Master in Nursing (hanya dua menurut saya Robert Prihardjo dan Bondan Palestin). Sedangkan blog yang dibuat dokter Indonesia rata-rata tinggal di Indonesia sehingga bisa 'dalam dunia real' serta memang ahli di bidangnya, dan rata-rata berlatar belakang spesialis/master.
("Mohon maaf kalau analisa pribadi saya salah")

Mengenal Apa Itu Blog ???

Ada 2 nama besar di Indonesia yang memperkenalkan blog kepada komunitas blogger di Indonesia (Yang mungkin asing buat kita sebagai perawat, tapi tidak untuk para nursing blogger) :
1. Enda Nasution, seorang mahasiswa IT dan manajemen advertise lulusan Thailland (26 September 2001, posted pertamanya), yang pertama mengenalkan/mempopulerkan blog di Indonesia http://enda.goblogmedia.com
2. Priyadi Iman Nurcahyo, seorang IT di depok (September 2004, posted pertamanya) www.priyadi.net

Berikut ini penjelasan singkat tentang Blog :
1. http://enda.goblogmedia.com/ Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut "kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri".

Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan para pembuatnya atau para Blogger. Blog yang pada mulanya merupakan “catatan perjalanan” seseorang di Internet, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para Blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar “cerdas” mereka, pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat. 10)

2. http://id.wikipedia.org/wiki/Blog Sebuah Weblog, Web log atau singkatnya Blog, adalah "sebuah aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (posting) pada sebuah webpage umum". Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan posting secara terbalik, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Media Blog pertama kali di populerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat Open Source yang di peruntukan kepada perkembangan para Blogger tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian sampai dengan media publikasi dalam sebuah kampanye politik, program-program media dan korporasi. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif. Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Karena semakin banyaknya pengguna fasilitas blog dan seringnya para pengguna blog yang sering berkunjung ke blog lain, maka lazim dibentuk sebuah organisasi atau komunitas kumpulan blogger. 11) http://id.wikipedia.org/wiki/Blog

Hampir semua perangkat lunak dan layanan blog saat ini memiliki fasilitas ping. Jika pemilik blog membuat tulisan baru, perangkat lunak blog akan secara otomatis memberi tahu berbagai macam layanan di Internet bahwa ada tulisan baru di blog tersebut. Akibat dari mekanisme ini, mesin-mesin pencari khusus blog seperti Technorati sudah dapat memuat tulisan tersebut hanya beberapa menit setelah tulisan dimuat
12)http://priyadi.net/archives/2006/08/09/mengamati-blog-dan-topik-tertentu/#more-676

Banyaknya peminat membuat blog hampir tiap hari ada anggota baru bermunculan yang mana isi blognyapun bervariasi, dari mulai seputar hobby, sekedar catatan harian (diary Book) sampai tingkat professional. Membanjirnya pengemar blog ini dikarenakan bahwa blog sangat cocok bagi orang-orang yang ingin berkreatifitas dengan ide-idenya, baik sekedar menyimpan catatan pribadi, tukar pengalaman, atau bahkan ingin menyampaikan sesuatu lewat tulisan-tulisannya, atau bahkan digunakan sebagai wahana advertising (memasang iklan). 13) http://www.hadi-creativity.blogspot.com/

Setiap blogger bebas mengisi blognya dengan apa saja. Ya, benar. Ini memang rumus paling dasar dalam aktivitas blogging. Namun materi apapun yang dimasukkan pada sebuah blog, hampir dapat dipastikan bahwa formatnya sama: TULISAN*). Karena itulah, setiap blogger - siapapun dia - sejatinya adalah seorang penulis. Minimal, dia hobi menulis. Karena itulah, seorang manusia yang telah memutuskan untuk menjadi penulis secara serius, seharusnya menjadi orang yang paling rajin nge-blog (tapi ini tentu tidak berlaku bagi penulis yang belum mengenal internet, atau punya berbagai kendala sehingga tak ada kesempatan untuk bergaul dengan dunia maya).
14 ) www.jonru.web.id

Bagaimana Cara Membuat Blog ?

1. Mesti membuat tulisan (bisa diary, cerita, artikel ilmiah bahkan jurnal sekalipun). Hanya saja akan lebih baik apabila kita mengkaitkannya dengan keperawatan agar telenursing dapat berkembang.
2. Mesti rajin "ol" (online) entah dari kantor, rumah atau warnet.
3. Mesti sedikit bisa mempelajari html (hypertext markup language) bahasa dasar website/blog, bisa dipelajari dasar-dasarnya dengan gratis di contohnya :
www.tutorial.or.id
rahim info html
enda nasution info html
4. Setelah blog jadi dan lengkap , ada baiknya kita masuk ke komunitas blog.

Bagaimana Langkah-langkah Membuat Blog ?

1. Siapkan posting/tulisan anda : bisa memulai dengan MS Word
2. Masuk ke www.blogger.com ; www.multiplay.com ; simpan data di tripod.com ; www.freewebs.com - Blogit juga bisa atau yang senang lebih ilmiah bisa menulis di jurnal dalam www.livejournal.com
3. Isi kan secara lengkap account yang diminta (gratisan semua)
4. Sebagai contoh di blogger.com maka ada 3 langkah :
a. Create Account (buat account)
b. Name Your Blog (nama blog)
c. Choose a template (pilih tampilan)
Diikuti saja satu-satu sebagai hasilnya setelah dipublish maka akan menjadi tampilan awal blog.
5. Kemudian masukkan tulisan melalui posting

Untuk lebih jelasnya lihat Enda Tutorial

Lantas Apa hubungan blog keperawatan dengan telenursing ?

Nursing Studio Mental health nurse
Nicu Nurse blog Telemed.org

Ini adalah beberapa contoh blog nursing di luar negeri yang mungkin saja dapat berkembang seperti website nursing yang lebih interaktif untuk penggunaan aplikasi telenursing. Keterbatasan blog sendiri lebih dikarenakan kapasitas memory dan program yang ada.

Saat ini setelah 15 tahun internet pertama diperkenalkan di Indonesia, perkembangan website dan blog begitu pesat, termasuk dalam bidang kesehatan. Bukan tidak mungkin dalam 5 – 10 tahun mendatang telenursing di Indonesia akan semakin berkembang pula, dengan banyaknya website di bidang keperawatan baik dalam bidang pendidikan keperawatan online, pelayanan asuhan keperawatan online, riset keperawatan online dan bahkan mungkin televisi atau radio khusus di bidang keperawatan online, semoga ....

Mungkin saja saat itu seorang dosen akan mengajar dengan "silahkan lihat website....." (minggu depan ujian- soal online mohon cheked lewat email anda masing-masing). Atau seorang perawat homecare hanya melihat lewat upload video online saat pasiennya sedang mengganti balutan di rumahnya sendiri. Atau bahkan mungkin saja ada RS cybernet, dan sebagainya dan sebagainya.

Dan semua itu dimulai dan diawali dengan blog – tampilan sederhana sebuah website interaktif.

Oleh : Nur Martono
Staf nurse Al Amiri Hospital Kuwait
nb : Dan mohon maaf kalau ada pencantuman nama/blog tanpa seijin pemiliknya, lebih karena bertujuan informasi semata.


Daftar Pustaka (All from Internet - is better and i respect to all writer bellow)

1)http://eriktapan.blogspot.com/2005/09/banyak-akal-untuk-mengakses-teknologi.html
2) http://www.detik.com/indexberita/indexfr.php
3) http://www.apjii.or.id/news/index.php
4) http://yulian.firdaus.or.id/2005/07/15/iix/
5).http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2006/
6)http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet_Indonesia#Awal_Internet_Indonesia
7) http://www.apjii.or.id/news/index.php?ID=2002052301505〈=ind
8) http://www.kompas.co.id/kesehatan/news/0311/28/143931.htm Tiada dokter situs pun jadi
9)http://fuadanis.blogspot.com/2005/09/sistem-informasi-dan-sumber-intelijen.html
10) http://enda.goblogmedia.com/
11) http://id.wikipedia.org/wiki/Blog
12)http://priyadi.net/archives/2006/08/09/mengamati-blog-dan-topik-tertentu/#more-676
13) http://www.hadi-creativity.blogspot.com/
14) http://www.jonru.web.id

3 comments:

marmotji said...

Alhamdulillah. Akhirnya nemu juga blog kayak begini.
Sebenarnya prihatin dan makin prihatin setelah sudah 3 thn berkutat melayani SIM-Kedokteran.
Probabilitas suksesnya dibanding SIM untuk Govt lebih rendah.
Apalagi untuk saya yg awam kedokteran... yang saya hadapi selalu anggapan yg berkesan "...emang kamu tahu apa data kesehatan ?..."...
Jelek amat nasib saya, menerima kalimat langsung itu justru dari seorang bergelar Prof.....emang harus begitu ya, dont ever share to other person that is not health graduate ?.
Semoga sehat selalu.

Usaha Kita . Com said...

HA...ahirnya tadi kucari cari tentang perawat nemu juga....eh iya aku juga penggemar pendidikan perwat di indonesia lho....em kalu boleh kita saling bertukar link blog....aku juga punya nbanyak cerita tentang perawat....
ok....Nih kalau mau tahu isinya ..pokoknya seru banget deh...

http://www.tipsunik.wordpress.com

dan aku juga punya kabar seorang perawat punya usaha

http://www.usaha-maju.blogspot.com


semoga sukses
kutunggu link baliknya

Bahtiar latif said...

memang kalau kt memeahami tentang pentingnya tehnologi dalam upaya pengembangan keperawatan kedepan,...maka penguasaan tehnologi adlah mutlak,..