Friday, September 29, 2006

Nur Martono Nursing Study



NUR MARTONO NURSING STUDY (NNS) FORUM

FROM KUWAIT

ME AND MY ONLINE
TEACHING NURSING ACTIVITY


Sejalan dengan upaya saya dan beberapa teman untuk meningkatkan minat perawat, mahasiswa keperawatan dan masyarakat pemerhati keperawatan untuk memanfaatkan aplikasi internet (informatika kesehatan) untuk menyebarluaskan ilmu dan profesi keperawatan. Dengan visi : "merawat internet dan menginternetkan perawat", meskipun kami berada saat ini diluar Indonesia (khususnya di Kuwait) namun insyaAllah masih dapat memberikan konstribusi pengembangan profesi Keperawatan di Indonesia. Maka pembelajaran keperawatan online adalah kata kuncinya.

Buat kami khususnya yang berada di Kuwait, waktu senggang dimanfaatkan dengan berbagai kegiatan mulai dari ikut organisasi misalnya Branch PPNI di Kuwait, PKS, aktif di KBRI Kuwait, atau ada pula yang aktif di bidang keagamaan, aktifitas bisnis, online di internet , dan bahkan aktif di "baba.com" (sebuah kegiatan pasien di rumah/homecare). Lumayan - lahhh untuk mengisi waktu yang terasa terkadang lebih sibuk saat kita-kita di Indonesia ketimbang saat disini, dengan waktu 6-8 jam/hari dan tidak membawa pekerjaan di rumah.

Di tahun ketiga ada rasa ingin melakukan kembali aktifitas pendidikan keperawatan (sehingga ada obsesi yang hingga sekarang masih on track melakukan Distance Learning dengan pendidikan keperawatan di Indonesia). Alhamdullilah,,,,,,,,,,,, ada beberapa teman2 di Kuwait yang semula berpendidikan SPK saat ini telah semangat untuk mengikuti Penyetaraan ke AKPER/D3 dengan online activity dan caranya masing-masing untuk dapat meningkatkan keilmuannya. Hanya saja untuk pendidikan S1 Keperawatan sedang kami terus semangati agar dapat berjalan.

Lantas membaca beberapa pesan di kotak pesan oggix.com dan buku tamu website PPNI terasa miris banyak mahasiswa AKPER khususnya mendapatkan kesulitan search dalam tugas riset/KTI/skripsinya. Rasanya memang perlu ada portal website keperawatan yang memfasilitasi mereka.

Setelah lulus S1 Keperawatan di tahun 1997 dan 7 tahun aktifitas mengajar di AKPER dan STIKES dulu di Indonesia, menjadikan ada semacam kegalauan untuk membantu mereka sebenarnya. Sementara kegiatan di RS sebagai perawat klinis di Kuwait tidak memungkinkan aktifitas mengajar,,, maka mungkin aktifitas pembelajaran online adalah alternatif solusinya.

Lebih agar menyemangati pendidikan berkelanjutan buat perawat, dan menyemangati mahasiswa keperawatan agar berkeinginan mencoba bekerja dan berkarir menjadi perawat di luar negeri.

Paling tidak kemarin2 saat saya cuti/annual leave, masih diminta memberikan pembelajaran NCLEX di salah satu STIKES yang memiliki visi untuk menjadikan lulusannya bekerja di luar negeri.

Untuk teman-teman mahasiswa tetap semangat belajar dan aktif berorganisasi :
Dan jika ingin berdiskusi tentang Riset, Keperawatan Medikal Bedah, atau cara search artikel/informasi nursing komputer silahkan saja kontak di email :

Nury_dinar2005@yahoo.com

Nb :
Mohon teman2 mhs AKPER untuk menyiapkan :

  • Judul/topik
  • Attachment file/draft outline
  • File nya (sudah rapi) bagusnya per BAB dari BAB I
  • Untuk pengolahan data saya tidak mumpuni/piawai SPSS/epi info silahkan coba sendiri
  • Dan usahakan analisa data yang tidak menyulitkan : deskriptif saja jangan yang analitik

Mohon pula kontak via email
Terima Kasih mudah2an berguna

Nur Martono, SKp

No comments: