Sunday, October 15, 2006

Belajar Dari Perawat Philipina (Learning From Philipino Nurses)















100.000 Perawat Philipina sejak tahun 1994 bekerja di luar negaranya Contohnya (Klik Here). Bahkan 3.500 dokter Philipina melakukan aplikasi bekerja di Amerika Serikat sebagai perawat.

Berita terbaru ada 9 negara bagian US telah mencari Perawat Philipina untuk bekerja disana.

Meanwhile Philipino nurses have job order in Bahrain and Japan in 2007, and Philipines president make direct cordination and handle over all nurses problem in there.

Bahkan president Philipina langsung membuat Mahkamah Keperawatan dibawah setingkat lembaga, untuk penempatan perawat, mengingat hampir 8 juta/10% penduduk Philipina adalah sebagai migrant worker (bekerja di luar negaranya). Dan perawat adalah pekerja formal potensial yang menghasilkan income negara itu terbesar.

Perawat Indonesia di Amerika Serikat dalam jumlah sayang sekali datanya belum up date, namun rasanya mereka mendapatkan kesejahteraan yang memadai. Dengan income per jam U$ 20 - 40, katakanlah per bulan mencapai U$ 4000 - U$ 5000. Walhasil mereka tetap bekerja di 2 - 3 RS (mungkin memang model KAPITALISME) - atau Liabilitas. TAPI mereka hidup lebih dari cukup. Baca artikel Detik Perawat Indo mampu menyewa apartemen mewah
Selamat atas 15 pioneer perawat Indonesia (on the Job Training in US).


Alhamdulillah,
Bagaimana dengan PERAWAT INDONESIA lainnya ????
Apa masih saja pasrah dengan menjadi Tenaga sukarela Perawat di Puskesmas, yang dibayar gaji dibawah UMR dan Gaji dirapel - sehingga mungkin terpaksa mencari jalur alternatif, yang haram atau halal mungkin tipis batasnya.

Wallahualam

No comments: