Sunday, December 10, 2006

Mendapatkan Rencana Asuhan Keperawatan Melalui Internet, Mengenalkan Dosen Keperawatan Favorit Versi Blog


Mendapatkan Rencana Asuhan Keperawatan (Nursing Care Plan) Melalui Internet

Pengantar Untuk Mahasiswa Keperawatan
Dan Mengenalkan Dosen Keperawatan Favorit Versi Blog

Rencana asuhan keperawatan selama ini banyak dianggap satu hambatan belajar oleh mahasiswa keperawatan D3 atau S1 Keperawatan, dengan minimnya sumber pustaka/buku dan "open source" di internet.

Membiasakan mahasiswa keperawatan untuk berusaha mencari dari buku keperawatan saat ini lebih terasa mudah di Indonesia. Dengan semakin banyak buku-buku keperawatan bahasa inggris yang mulai diterjemahkan, dan dijual bebas.

Bagaimana dengan sumber materi asuhan keperawatan di INTERNET ????

Terus terang, buat beberapa mahasiswa ini menjadi kendala. Lebih karena keterbatasan "open source" untuk mendapatkan Asuhan keperawatan bermutu melalui internet. Kalaupun ada masih sebagian besar dalam bahasa inggris.

Ini menjadi satu tantangan sekaligus peluang untuk mahasiswa sendiri, agar membiasakan diri mencari melalui search engine yang ada seperti google, yahoo atau MSN. Dengan harapan tidak terlalu apriori dan takut dengan model NCP berbahasa inggris. Justru dengan semakin banyaknya buku keperawatan luar negeri yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, bisa menjadi "bumerang" tersendiri. Sehingga upaya meningkatkan kemampuan bahasa inggris mahasiswa keperawatan, dan perawat secara umum di Indonesia malahan menjadi mandeg.

Semestinya upaya ini diimbangi dengan pembalikkan metoda, dengan menterjemahkan kembali buku keperawatan Indonesia ke dalam bahasa inggris. Dengan harapan perawat asing akan juga mengetahui perkembangan keperawatan di Indonesia. Sama halnya semua informasi yang ada di media berbahasa Indonesia, artikel tentang kesehatan utamanya. Akan semakin bermanfaat jika diterjemahkan ke dalam bahasa inggris.

Berikut Panduan UNTUK Mahasiswa Keperawatan yang ingin mendapatkan contoh Askep melalui internet dapat search melalui :

BAHASA INDONESIA

http://asuhan-keperawatan.blogspot.com/
(Salut untuk Mas Iriyan Gunawan, Dosen Keperawatan Teladan Versi Blog, dari Samarinda)

http://www.bondan-palestin.blogspot.com/
(Peneliti Keperawatan Teladan Versi Blog, dari Jogja)


BAHASA INGGRIS

http://en.wikipedia.org/wiki/Nursing_care_plan
(Penjelasan umum tentang Nursing care plan dari Wikipedia)

http://www.careplans.com/

http://www.cnsonline.org/www/archive/ms/ms-07.html
(Askep kasus Neurologi)

http://home.hiwaay.net/~theholt1/NURS1100/careplan.htm
(Kompilasi NCP)

http://www.allhealthnet.com/Nursing/Nursing+Care+Plans/
(Form panduan Guide NCP)

http://www.medi-smart.com/carepl.htm
(Panduan Membeli Buku NCP online)

http://www.nursingstudy.com/
(Belajar NCP praktis)

http://www.careplans.com/pages/lib/lib_browse.asp
(Kumpulan NCP berbagai penyakit, mesti download)

http://www.ltcsbooks.com/Books/CompleteCPs.html
(Kumpulan NCP tapi mesti membeli)

http://nursing.about.com/od/nursesgeneralinfo/a/nursingprocess.htm

(Penjelasan Umum Nursing Process, Katy Quan)

Secara mudahnya, sebenarnya mahasiswa bisa mencari lewat www.google.com , www.yahoo.com , atau www.msn.com Klik saja di di kolom search misal ingin mendapatkan Askep tentang COPD maka klik COPD lalu search untuk dasar patologinya dan kemudian search nursing care plan COPD, GAMPANG Kan !!!!!!

Sehingga GARING dan BASI sekali seorang mahasiswa yang kemudian meminta tolong di semua guest book blog atau website PPNI. Apabila kesulitan mencari bahan materi pelajaran tinggal search saja, pasti ada dan ketemu dengan mudah meskipun dalam bahasa inggris.

Atau kalau ingin mendapatkan buku gratis lewat www.google.com kemudian klik more diujung, dan klik books dan search. Atau langsung juga bisa saja di http://books.google.com/
Bisa dibaca disana, sayangnya tidak dapat di copy – paste

Lebih GARING dan BASI lagi apabila dosen keperawatan yang masih "gaptek" atau malas nge-browser melalui internet, karena mahasiswanya sudah rajin chating dan ol, plus nge-browser. Bahkan beberapa mahasiswa telah mampu dan pandai membuat Blog sendiri. Sehingga sudah selayaknya Dosen keperawatan di Indonesia mulai andil mempopulerkan Ilmu Keperawatan melalui media internet.

Saat ini sudah masanya bahan materi pelajaran keperawatan, soal ujian keperawatan, tehnik dan ketrampilan keperawatan dibuat "open source". Sudah GARING dan BASI materi pembelajaran "disumput-sumputi", toh semua ada di Buku.

Bayangkan Buku NCLEX yang notabene soal keperawatan di US, bisa dijual mahal dan dicari2 orang karena open source. Kuncinya tinggal diuptodate selalu saja toh....

SEKALI LAGI SELAMAT KEPADA Dosen Keperawatan Indonesia Teladan Versi Blog (Mas Iriyan Gunawan dan Mas Bondan Palestin). Tetap berkreasi dan tebarkan ilmunya, pasti Allah SWT memberikan rahmat-nya dari jalan-jalan yang tidak kita duga.

3 comments:

cakmoki said...

Ass, wr. wb.
Salut blog-nya.
Ya saya setuju, masih terlalu banyak kalangan kita di jajaran kesehatan yang maaf, "gaptek". Saya pernah punya staf paramedis, udah dibelikan komp pentium IV, bilangnya malah nambahi pekerjaan, enak nulis laporan di kertas lalu disimpan di map ... hehehe parah kan ...
Oya bagi temen-temen perawat yang menginginkan ringkasan ProTap (SOP) Perawatan Penderita dalam format eBook dan Flash, silahkan download di http://masmoki.blogspot.com atau di http://puskesmaspalaran.wordpress.com
Wass
cakmoki
:)

box e-book said...

bagus informasinya dan berikan terus tentang keperawatan. bagi yang mencari askep dapat juga di RUSARI.COM ONLINE ILMU KEPERAWATAN dengan literatur yang cukup lengkap, terdapat 200an askep siap di download

Ikhsan said...

cari duit mas ???