Wednesday, March 04, 2009

Antara HEXA dan UNTR

Antara HEXA dan UNTR

Saya mencoba menganalisa emiten saham berdasarkan sektor atau jenis usaha emiten yang bersangkutan, dan istilahnya kakak - adik. Setiap saham memiliki karakter dan memiliki pembanding dalam chart TA dan juga ada "penjaga" nya.

Dalam trading ada 3 jenis tipe trader :

1. Day trading

2. Swing trading

3. Momentum/positioning trading

Jadi semuanya bergantung kepada kondisi market, dan kesukaan kita masing-masing.

Apabila kita memilih day trading, anda mesti jeli membuat list emiten 20 - 30 emiten di hari bursa, dan lakukan analisa TA serta menuntut analisa per 5 menit, 30 menit, perjam dan hari bursa paling tidak seminggu. 

Sebaliknya jika swing trading, analisa dilakukan cukup menggunakan waktu seminggu (5 hari), 20 hari (sebulan) dan 50 hari (3 bulan). Dan telaah MA; CS, dan tehnikal indikator SO, MACD atau RSI; silahkan saja tergantung kesukaan. Tetapi penting untuk mengkombinasikan dengan siklus saham, PSAR, serta analisa volume. Cukup 3 - 5 emiten saja, namun sekali pukulan dengan amunisi besar, anda bisa mendapatkan 5 - 10% per minggu saja sudah bagus dengan kondisi market saat ini.

Sedangkan momentum trading lebih simple dan lebih mid term, 2 -3 emiten dengan mengakumulasi baik average down atau short namun dengan lot besar dalam rentang 3 - 9 bulan juga menjanjikan apabila gain mendapatkan 30 - 50 % saja sudah baik.

Mengingat rentang bunga deposito yang turun sekitar 7%/tahun, dan pasar obligasi 11%/tahun, emas antara 15-20%/tahun; maka kenaikan momentum trading yang diatasnya masih lebih OK.

Banyak blog yang mulai diposting oleh para trader di Indonesia, dan apabila anda jeli; maka anda akan tahu , mana blog yang menggiring ke arah day, swing atau malah momentum trading.

SILAHKAN ikuti saja dan disimak dengan tentu saja sesuaikan dengan kapital dan kesukaan kita masing-masing.

Saya lebih mencoba melihat emiten dalam rentang waktu swing atau momentum, terus terang saya tidak terlalu menyukai day trading karena saat ini saya sambil bekerja. Dan untuk memonitor pergerakan day membuat jantung terpacu; lebih "dag dig dug". Jadi trading bisa sambil aktifitas yang lain, bekerja, nonton, olah raga, masak - buat saya lebih menyenangkan.

Trading tidak perlu setiap hari kalau anda akhirnya merugi. Dengan gain diatas bunga deposito saja kita sudah sangat diuntungkan; ketimbang mengalami whip saw risk. Hati-hati,,, terkecuali memang anda mau jadi analis saja, tidak repot silahkan karena toh tidak ada yang dipertaruhkan.

Saham punya adik-kakak :

HEXA - UNTR

INDF - JSMR

BUMI - ADRO

AALI - LSIP

ANTM - TINS

PTBA - ITMG

ADHI - WIKA

BMRI - BBCA

Rata-rata kakak adik ini memiliki pola 2 kemiripan baik karakter emiten maupun chart.

Anda kuasai dan tradingkan dengan baik saja sudah bagus sekali...

HEXA


Saat ini adiknya UNTR ini, HEXA telah 2 kali swing Nov 08 setelah crash dalam, dengan volume tipis dan akhir Februari 09, yang disertai peningkatan volume yang signifikan. Untuk itu HEXA tetap rekomendasi buy on weakness (saat ini SO dan RSI masih dalam over bought area), menyentuh 650 bisa diakumulasi, namun MA 5, dan 20 belum GC MA 100 nya. TP 1000 sampai akhir tahun 2009 --- gain bisa 50%. atau ikuti pola swingnya, yang disertai rumor positif HEXA. CS selalu marobozu saat swing,,,seru....


UNTR





tentu kakaknya HEXA ini lebih kuat, terlihat dari 4 kali pola swing yang selalu disertai volume yang diatas MA nya,,namun GC MA 100 telah terjadi sehingga akan koreksi dulu ke arah 4500 sebelum mencapai TP 9000 di akhir tahun ini.

saat harga 4800,, UNTR dapat diakumulasi,,,sehingga keuntungan 100% bukan tidak mungkin untuk UNTR sampai akhir tahun ini.

happy trading,,its better than "dumb money"












No comments: