Monday, May 21, 2007

Kiat Mencari Pekerjaan Perawat Secara Online

Kiat Mencari dan Melakukan Aplikasi Online
Lowongan Kerja Perawat Di Luar Negeri



Sebenarnya saat ini kita sebagai perawat Indonesia semakin terbantu dengan perkembangan informasi melalui internet, khususnya lowongan pekerjaan perawat di luar negeri. Hanya saja perawat kita belum terbiasa dan belum memahami bagaimana mencari dan melakukan aplikasi (lamaran pekerjaan) lewat online. Dan ini dapat dilakukan untuk melakukan lamaran pekerjaan di dalam negeri, namun sekali lagi menurut saya ada baiknya semakin banyak perawat Indonesia dapat menimba pengalaman bekerja di luar negeri .

Sebagian besar perawat Indonesia bekerja di luar negeri melalui PJTKI, Program G-G (Government to Government) atau Universitas – Universitas (Twinning Program/Bridging Program). Ada pula beberapa perawat yang secara individual berani masuk bekerja di luar negeri, dengan menggunakan visa studi/belajar, visa kunjungan/visa turis, atau bahkan menikah dengan WNA.


Saat ini kita dapat pula mencoba melakukan aplikasi online via internet dengan beberapa cara, dan kiat yang perlu sedikit diketahui.

1. Mencari website/portal job aplikasi di luar negeri
• Mudahnya kita mencari saja lewat search engine google, yahoo atau MSN
• Ketik nurses jobs in USA, misalnya (sesuai negara yang dituju)
• Sesuaikan dengan minat, salary dan fasilitas yang ditawarkan, kemampuan bahasa inggris kita, dan lebih bagus telah ada kontak person (sponsor) di Negara ybs.
• Setelah dapat website tersebut mis :
http://www.jobsdb.com/
http://www.jobindo.com/
http://www.karir.com/
• Masukkan website tersebut dalam favorit (Internet explorer) atau bookmarks (Firefox, Opera, Netscape) anda supaya memudahkan untuk login berikutnya
• Kemudian usahakan login menjadi members, umumnya gratisan semua dan buat password yang mudah diingat, usahakan sama untuk semua website, dan bedakan dengan password email kita.
• Buatlah login ID sesuai nama anda dan buat email juga sesuai nama anda ,misal : Tukul Arwana (login id) dan email yang digunakan : tukularwana@yahoo.com atau tukularwana@gmail.com
• Hindari penggunaan id yang palsu atau bias dengan nama kita (terkait dengan kredibilitas)

2. Buat CV (Curiculum Vitae)/Resume kita
Dalam membuat resume/CV sebaiknya kita jujur dan usahakan sesuai dengan dokumen yang kita miliki. CV sebaiknya pula ada yang berbahasa Indonesia dan ada juga yang berbahasa Inggris. Dalam CV anda dianjurkan mencantumkan :
  • Riwayat Pekerjaan
  • Riwayat Pendidikan
  • Alamat, telepon, fax, email dan website/blog anda
  • Cantumkan gaji dan fasilitas yang diinginkan
  • Cantumkan Company profile anda sebelumnya

3. Naikkan Level Pekerjaan
Dalam mencari pekerjaan sebagai perawat saran saya coba kita naikkan level (terkecuali untuk fresh graduate), misalnya : dari segi gaji/salary, cari gaji yang 2 kali lipat dari gaji anda sekarang ini. Atau apabila sebelumnya staf perawat (staf nurse), cari jabatan sebagai supervisor/Kepala Ruangan (umumnya gaji akan mengikuti). Demikian pula semisal kita bosan bekerja di tempat lama, maka sebaiknya mencari pekerjaan baru yang lebih menantang, misal keluar negeri. Ada teman saya yang menyebutkan NURSE IS YOUR PASPORT.

Kapan lagi kita bisa travelling (mendapatkan uang), sekolah lagi di LN, belajar bahasa Inggris dan mempelajari budaya asing – Lewat Profesi Perawat kita bisa, kenapa juga tidak dimanfaatkan dan mencobanya.

4. Tetap Mencari Peluang Off line
Rajin berkunjung ke Kedubes Asing di Jakarta, Mencari info di Depnaker, PJTKI, dan berhubungan dengan teman-teman perawat di luar negeri juga menjadi jalan masuk untuk bekerja di luar negeri. Namun semuanya tekad dan motivasi lah yang terpenting semuanya.

BERIKUT Website untuk Perawat :
http://www.learn4good.com/jobs/index.php?language=english
www.nursingjobs.org/
www.nursing-jobs.com/
www.nursing-jobs.us/




















No comments: