Saturday, May 05, 2007

Profil Median Gaji Perawat di AS (negara lain di posting berikutnya)


Profil Median Gaji Perawat Di Amerika Serikat

(Negara lain di posting berikutnya)

Sebenarnya saya agak malas untuk mengungkapkan secara gamblang gaji (salary) sebuah profesi, lebih karena unsur privacy dan menyadari adanya keseimbangan antara gaji dan liabilitas (biaya yang kita keluarkan).

Namun paling tidak agar adanya informasi, dan memberikan sedikit gambaran untuk perawat Indonesia dan mahasiswa keperawatan, untuk semakin berminat mencoba berkarir sebagai perawat di luar negeri. Dan terlebih informasinya pun dengan mudah kita bisa dapatkan di internet (open source).

Hal ini lebih dikarenakan masih tingginya angka pengangguran perawat di Indonesia, serta masih minimnya informasi tentang berapa sebenarnya gaji (salary) perawat Indonesia di luar negeri. Paling tidak akan memberi harapan untuk mahasiswa keperawatan lebih apresiatif terhadap program penempatan perawat di luar negeri.

Memang banyak faktor yang mempengaruhi minat perawat Indonesia untuk berkarir dan bekerja di luar negeri, namun kompetitifnya peluang kerja perawat di Indonesia dan kisaran gaji yang jauh berbeda (antara di Indonesia dgn di LN) menjadi faktor utamanya.

Untuk melihat median (nilai tengah) gaji perawat di luar negeri kita bisa lihat di

www.Payscale.com


search : nursing dan search negaranya

Sebagai contoh Profil median gaji perawat di Amerika Serikat, RN (Registered Nurses) atau LPN (Licensed Practical Nurses) kita bisa lihat di

http://www.allied-physicians.com/salary-surveys/nursing/

www.payscale.com

http://www.allnursingschools.com/faqs/salaries.php

Kenapa kita mesti mengacu ke AS, lebih karena gaji perawat di AS adalah yang tertinggi dengan median gaji di tiap Negara bagian sebesar (tiap Negara bagian berbeda) sebagai berikut :

RN Median Hourly Rate by State (2006)*

· California: $31.88

· Florida: $23.26

· Georgia: $23.83

· Illinois: $25.00

· Pennsylvania: $25.00

· Tennessee: $22.25

· Texas: $25.00

http://www.allnursingschools.com/faqs/salaries.php

Gaji ini katakanlah kita bekerja perminggu 40 jam kerja efektif, maka gaji perminggunya (rata-rata U$ 22/jam = U$ 880/minggu) diluar over time dll. Kesemuanya bergantung pada jenjang pendidikan (jenjang karir RN/LPN), tahun pengalaman bekerja, Negara bagian atau kota bekerja (kaitannya dengan living cost dan pajak), tipe perawat yang dipilih dan spesialisasi area keperawatan. Katakanlah dengan kurs U$ dengan rupiah berkisar Rp.9.000 = U$ 1, maka take home pay per minggu adalah Rp. 7.920.000/minggu (sama dengan gaji setingkat level manajer di Indonesia per bulan)

www.payscale.com


Median Gaji RN antar Negara Bagian (dalam U$/tahun)

Median Gaji RN berdasarkan pengalaman kerja (U$/tahun)

Median Gaji RN berdasarkan tempat kerja (U$/tahun)







Bagaimana Dengan Negara Lain ?

(Posting Berikutnya) …..










2 comments:

Hendra Tahulending said...

Nama saya Hendra Tahulending. Saya sekarang kuliah di Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta Jurusan Teknik Perminyakan. Saya sangat senang membaca komentar dari saudara sekalian. Saya mempunyai pertanyaan apakah memang gaji untuk yang bekerja on field (orang lapangan) relatif lebih besar daripada yang bekerja off field di Oil Industry contohnya saya mempunyai impian jika Tuhan berkenan untuk Perusahaan Luar Negeri saya ingin bekerja di Exxon Mobil dan untuk dalam negeri saya ingin di bekerja di PERTAMINA. Nah, saya juga sebenarnya mendapat scholarship ke Netherland untuk S1 tapi saya memilih untuk di Indonesia dulu untk S1....Kemudian saya ingin bertanya tentang Median Rate Salary ketika saya masuk di Oil Company di atas (Exxon dan PERTAMINA)....Terus terang saya kan masih butuh banyak informasi agar jangan hanya mendengar fiktif tapi realnya yang saya cari....Saya juga mempunyai kelebihan di bidang komputerisasi dan juga bahasa asing baik secara orally dan passive, itu merupakan beberapa kelebihan saya diluar komopetensi di bidang Teknik Perminyakan yang sedang saya pelajari sekarang. Selain itu saya mempunyai kelemahan di faktor Chemistry (Refinery)...Bagaimana pendapat para "expert" yang telah bergabung di Oil Company tentang kelebihan dan kekurangan saya di atas....Oh yah, doakan saya yach biar lulus tepat waktu (tidak lebih dari 5 tahun = 10 Semester...AMIN, HALELUYA.....)....Tolong dikomentarin dan diberi jawaban dan informasi lain yah........Tuhan Memberkati..........

Hendra Tahulending said...

Hendra Tahulendig:Rata-rata Gaji bersih yang akan diterima seorang perawat Indonesia yang bekerja di Amerika per bulannya berapa pak? Apakah dipotong juga dengan instansi yang membawa mereka kesana terus potongan tax dan lainnya....tolong diberi informasi biar pengetahuan saya lebih banyak lagi...Terima Kasih dan God Bless You....