Wednesday, October 08, 2008

IHSG kena suspend hari ini



IHSG kena suspend hari ini

Hari ini BEI mengehentikan aktifitas bursa di 1,451.6689 point - turun 168.052 (10.38%). Otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI) memutuskan untuk menutup perdagangan saham pada sesi I mulai pukul 11.08 WIB karena hancurnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang anjlok hingga 10,38%.

Kebetulan tadi pagi saya dinas kerja, sehingga biasanya hanya sampai open market saat 6.30 am waktu kuwait saja. KSE (Kuwait Stock Exchange) juga menghadapi hantaman hebat di hari2 terakhir ini, sehingga di harian alwatan - banyak investor kuwait ingin mensuspend KSE. Tutup toko dulu lebih baik daripada buka toko namun pembeli sedikit tapi harga ngak balik modal, rugi besar.

Bursa saham seperti pasar layaknya - saat murah orang banting harga, yang penting barangnya cepat jadi duit. Lupa hari esok masih panjang, saham dengan fundamental bagus pun tak perduli.

Itulah market, kadang rasional tapi kadang juga tidak rasional. Saya tetap pelan2 sabar melihat gerakan IHSG, bahwa prediksi IHSG akan ke bottom di 1300 an mungkin diambang kenyataan sampai 30 hari kedepan saat - pemilihan  presiden AS jelas terpilih 4 November 2008. Sebenarnya jelas clear market menginginkan demokrat yang menang - tapi entahlah, market, politik, spekulan, TA, dan FA kadang bercampur dengan emosi trader dan investor. Buat saya fear, namun ngak akan pernah mundur.

Saat pacaran, kuliah, kerja, apa saja never give up sampai benar2 nyerah. Ditolak kan belum tentu diterima,,,,,Market turun juga belum tentu kita rugi.....

Hanya tetap usahakan tidak melebihi 30% aset, ngak usah serakah. Yang penting selamat dan investasi tetap konsisten- jalan masih panjang.

Untuk teman2 perawat Indonesia di Kuwait ...saran saya saat yang tepat menjadi Investor adalah saat ini. Jangan anda akan hanya jadi penonton saja,,, lebih baik menjadi pemenang dan pemain, atau kalah sekalipun namun bisa jadi seri atau menang suatu saat.

Saya tidak senang jadi penonton saja,,,,,lebih enak jadi pelatih, wasit, bek kiri atau libero dan penyerang atau bahkan kiper. 

 









No comments: