Sunday, May 25, 2008

Analisa Fundamental VS Analisa Tehnikal

Image from : www.vierjamal.blogspot.com
Recomended for u,,very interested blog...

Analisa Fundamental VS Analisa Tehnikal
in Stock Market



Seorang teman saya masih saja "ragu", mengapa harga saham kok bisa naik turun dalam waktu yang cepat dalam hitungan detik/menit ??? Jangan-jangan spekulasi yah....ujarnya.

Semula saya juga garuk2 kepala saja...dan terdiam senyum-senyum....

Sebenarnya pergerakan harga saham sangat dipengaruhi oleh teori ekonomi paling dasar, yaitu hukum permintaan dan penawaran, dalam saham istilahnya "BID" dan "OFFER". Harganya akan naik jika semakin banyak investor/trader ingin membeli saham suatu perusahaan/emiten, sedangkan harganya akan turun jika yang terjadi adalah sebaliknya. Harga saham dapat dikatakan sebuah Konsensus investor dan mencerminkan ekspektasi pasar.

Di bursa saham banyak informasi seperti berita, rumor, laporan keuangan, makro ekonomi, kebijakan pemerintah/perusahaan, prospektus, saran broker atau trader yang telah berpengalaman. Dan ada juga menganalisa melalui chart/grafik dan analisa tehnis, pakai hukum statistik . Inilah dasarnya muncul ANALISA FUNDAMENTAL VS ANALISA TEHNIKAL dalam perdagangan saham.

Belum ada data yang pasti tentang berapa investor/trader saham di Indonesia, namun sebuah buku menyebutkan amat sangat2 kecil sekali......baru sekitar 200.000 penduduk dari total 234 juta penduduk Indonesia yang aktif di bursa. Bandingkan dengan Kuwait yang kecil 3,5 juta penduduk,,namun bursa sahamnya ramai. Apalagi Amerika serikat yang hampir 9% penduduknya telah investasi di saham.

SALAH SIAPA??? yah tidak ada yang patut disalahkan....

SEKOLAH SAHAM MAHAL ???

Banyak investor/trader yang menganggap "Sekolah Main Saham" (bukan invest/trading) adalah sekolah dengan biaya tinggi, dimana "biaya sekolahnya" adalah kerugian investasi.

Sehingga sebelum investasi atau trading saham, perlu memiliki senjata dan amunisi yang cukup dan ampuh. Sehingga kita juga belajar itu penting, siapkan kas anda juga sama pentingnya, cari sekuritas/broker juga demikian, baca emiten dan laporan keuangannya juga amat penting.

Bukan apa2 ---- saat ini ada juga teman2 yang masih ragu tentang sekolah saham dan ada juga sekolah lainnya,,,,,,, that's investasi......

Kebetulan INNA-K juga sedang membuat program e-learning BSN dgn FIK Unpad ( saya hitung2 SPPnya di kisaran 370 KD persemester,,,,hmmm). nice opportunity guys....

Sementara saya juga ingin sekolah kembali, karena memang waktunya untuk belajar cuma sekolah yang berbeda, karena saya tidak dapat ijasah, tapi "profit atau loss" (berhasil atau bangkrut). Andai saya logis ---maka memilih ijasah....

ANALISA FUNDAMENTAL

Semalaman saya agak sulit tidur karena setelah dinas malam (disini berturut2 5 malam sebulan), sehingga biasanya malam berikutnya libur tapi kita akan sulit tidur, terlebih Kuwait saat menjelang musim panas malamnya terasa singkat, jam 3 sudah subuh dan jam 4 pagi sudah terang benderang.

Semalaman saya browsing fundamental emiten dengan mencari website masing2 perusahaan,,,kesimpulan saya simple,,emiten/perusahaan yang go publik di Indonesia dan tidak punya website sebagai media informasi dengan investornya ==== 11L (dodol,,,bacanya).

Kenapa,,karena banyak investor/trader yang notabene online aktif, tidak diberikan kesempatan untuk membaca profil perusahaannya, dengan mudah.

You can read analisa fundamental
Vibby
Analisa Fundamental

Analisa fundamental sangat cocok untuk investor saham --- long investor (yang collect saham) lebih dari setahun atau berpuluh tahun.

ANALISA TEHNIKAL

Analisa tehnikal lebih menekankan penggunaan chart/grafik harga dan volume historis, yang cocok untuk trader atau swing trader.

Prinsipnya :
1. "Buy Low Sell High" or "Buy high sell more higher".
2. Market Price Discount Everything
3. Price moves in trend
4. History repeats its self

atau kata suhu vierjamal 4P + 2P + 4S

Jadi lebih kuantitatif.
4P Bollinger Band
Parabolic SAR
MACD
Volume

MA (20, 30, 60)
Chart Pattern

Candlestick
4 Siklus


Terima kasih, alhamdulillah sedikit2 saya sudah mudeng suhu,,,pelan2 maklum newbie....posting biar ndak lupa...
















No comments: