Sunday, May 18, 2008

Memilih saham unggulan untuk Perawat Indonesia di Kuwait



Memilih Saham Unggulan 2008 untuk Perawat Indonesia di Kuwait


Ditengah kelesuan ekonomi amerika, ekonomi global masih akan tetap tumbuh di th.2008. The fed kemungkinan besar kembali akan menurunkan suku bunganya pada tahun 2008 yang saat ini 4.25%. Saham energi, pertambangan, dan perkebunan (sawit) masih menjadi pilihan di tahun 2008.

Namun untuk mengantisipasi penurunan suku bunga the fed (dan juga BI Rate) saham perbankan dan properti layak dikoleksi. Beberap saham yang masih layak dikoleksi antara lain : BDMN, BMRI, BBKP, ELTY, CTRS, BHIT, BMTR, FREN, TOTL, BTEL, TLKM, ISAT, TSPC, CPRO, BNGA.

Saham energi, pertambangan, dan perkebunan tidak masuk dalam list karena walaupun sektor ini masih terlihat trend naik tahun 2008 tapi sebagian besar harganya sudah tinggi dan berfluktuasi mengikuti perkembangan harga komoditi tersebut di luar negeri.

Kemungkinan utk terus naik ada tapi juga ada kemungkinan utk turun tajam bila harga komoditinya turun. Saham-saham perbankan, properti, atau consumer goods relatif lebih 'aman' seperti yang dikutip dari bloomberg : Energy ``is not the best leader to have because it's typically based on higher energy prices,'' said Richard Sichel, chief investment officer at Philadelphia Trust Co., which manages $1.5 billion in Philadelphia. ``You would rather see consumer and financial stocks leading the way. That would be a healthier environment.'' dikutip dari www. seputarsaham.com

Mengenalkan saham untuk perawat

Teman saya banyak yang senyum2 melihat saya dan beberapa teman saat di bus jemputan sering ngobrol tentang saham. Saya hanya berpikir kenapa kita sebagai perawat tidak mencoba investasi baru yang belum pernah kita coba, karena saat di Kuwait lah kesempatan itu bisa kita mulai.

Bukan apa2 waktu, dana dan pemikiran kita lebih bisa ketimbang teman2 perawat lain di Indonesia, bukan begitu ??

Bagaimana sih caranya investasi saham itu ???

1. Gampang kok, pertama luangkan waktu untuk belajar mengenal saham bisa dengan browsing dan baca buku tentang saham. Beberapa website yang bisa anda baca :
www. seputarsaham.com
www.vierjamal.blogspot.com
www.vibby.net
www.bursa-investasi.tripod.com
dan banyak lagi..... serta cari dan beli semua buku tentang saham sampai yang tehnis.

2. Mulai tertarik membaca berita ekonomi terutama terkait bursa saham, dan perkembangan masing-masing emiten/perusahaan yang kita tertarik untuk mengkoleksinya.

3. Mulai mampu membedakan feeling anda ingin menjadi investor (long term) atau trader saham (short term)/daily , atau bahkan mengkombinasikan keduanya. Semuanya dituntut untuk dapat memiliki kemampuan analisa fundamental dan analisa tehnikal dalam investasi saham. Artinya ada ilmu dan art (chart/grafik) dalam investasi saham, ini yang membedakan kita bukan spekulan/judi dalam saham, tetapi merupakan keahlian dan ilmu.

4. Saat cuti coba cari-cari sekuritas di kota anda, dan broker syukur anda kenal -- kalau tidak percayakan saja. Ada teman saya ragu2 wah nanti uang kita dibawa kabur, percaya deh,,,, orang yang trader/investasi saham sampai ratusan juta - milyar an aja banyak di Indonesia,,dan mereka telah kaya lebih dulu dari kita, tidak pernah kuatir. Coba investasikan dulu saja maksimal 10% dari aset kita yang dimiliki saat ini ( 10 - 50 juta), jangan takut ngak bakalan anda bangkrut atau miskin karenanya...malahan kuatir kalau meningkat cepat,,dan anda bisa naikkan 25% dari aset --- ISTILAHnya Uang dingin -- yang nganggur di bank anda.

Selamat mencoba,,, Senin besok incar GZCO.... Pt Gozco Indonesia yang baru IPO seminggu lalu dan berusaha di perkebunan sawit.














2 comments:

bundaneehal said...

assalam..salam sejahtera dari negeri tetangga
makasih banget atas masukanya,kebanyakan orang2 yang berprofesi seperti kita ini kurang ada jiwa bisnisnya,gak semua lho..paling ga saya sendiri..baca reksadana ga mudeng2..mo invest ke bisnis takut karena belum nyoba..munkin karena masih dapet gaji tetap yang bisa diandalkan kali ya..postingan anda membuka wawasan yang lain bagi saya..makasih banget n ditunggu ulasan berikutnya..
wass

edi said...

hi netters mania ... kl mau investasi saham ... online trading system bisa contact saya.invest awal mulai 10 juta.

edi santoso
edi.santoso32@google.com