Saturday, August 30, 2008

Mengincar Saham-saham 750 pilis satu LOT atau Rp.50/lembar



Mengincar Saham-saham 750 pilis satu LOT atau Rp.50/lembar

Seperti kita ketahui bahwa perdagangan saham di BEI dalam satuan lot ( 1 lot = 500 lembar), sehingga teman-teman perawat Indonesia di Kuwait dapat membandingkan dengan nilai KD (Kuwait Dinar). 

Kebetulan biasanya setiap hari Sabtu dan Minggu dimana BEI tutup tidak ada perdagangan. Dan hari kerja khususnya Sabtu libur di Kuwait, maka malam harinya biasanya kami suka berdiskusi kumpul - kumpul sambil santai browsing atau main catur.

Kalau sebelumnya obrolan selalu ngalor ngidul - gosip seputar Indonesia, soal kerja, maka sekarang ini gosip juga lebih hot tentang saham. Entah saat ini kami juga membahas potensi saham-saham tidur atau MURAH untuk saat ini --- dibawah Rp.100/lembar.

Bahkan ada yang masih Rp.50/lembar (750 pilis per LOT).....Artinya 75KD per 100 lot

Lantas saya pernah lihat chart BUMI di 1 januari 2003 --- pasti teman-teman heran harga saham BUMI di 1 Januari 2003 adalah Rp.20 /lembar (saat itu batubara belum dilirik). Kami lantas berpikir mungkin saham tidur memang beresiko, tapi memang sejak awal investasi saham adalah high risk high gain.

Saat ini emiten seperti IATA (closed Rp.53), yang bergerak di penerbangan helikopter, pesawat kargo --- tidak ada saingan, dan sekitar ada 17 emiten yang bervariasi dalam berbagai sektor lainnya. Ada LMAS - komputer IT, juga yang memang tidur.

Tapi terbayangkah kita seandainya 10 - 15 tahun mendatang IATA mengakuisisi Mandala Airlines atau bahkan dibeli Qantas atau KLM ... Apa yang terjadi dengan saham IATA??

Atau LMAS mampu membuat software handal atau diakuisisi google atau Microsoft untuk membuat pabrik software dan hardware komputer di Indonesia -- 20 tahun mendatang ???

Akhirnya kami sepakat, jangan pernah remehkan saham tidur dan sama seperti jangan takut bermimpi. Andai kejadian seperti BUMI terjadi pada saham-saham yang sedang tidur di Rp.50/lembar atau 750 pilis per Lot --- artinya jangan pernah takut berinvestasi saat ini.

Anggap saja 750 pilis adalah uang belajar saham ---- biarkan dia ikut tidur, dan saatnya terbangun maka mengamuk seperti macan tidur....

Ada baiknya teman-teman tetap collect saham tidur 1-2 emiten yang benar2 potensial dan belum booming saat ini. Sektor Transportasi Udara, IT dan Komputer - Tehnologi dan mungkin properti bisa diamati dengan baik,,,, diamkan saja - yang pastinya naik Rp. 1 = naik untungnya 1%, sama aja kan dengan uang teman-teman yang disimpan di bank/bulan --- Apalagi kalau di bank Kuwait ,,,, hanya berharap dari kenaikan KD terhadap rupiah.

SMART dalam investasi dimanapun kita berada











No comments: