Wednesday, December 24, 2008

Prediksi Portofolio 2009



Prediksi Portofolio 2009 untuk WNI di Kuwait

Dengan masih tingginya ancaman resesi US dan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diprediksi tidak lebih dari 5 %, serta Pemilu dan pernak -perniknya, maka ada baiknya kita menghitung ulang portofolio yang telah dimiliki.

Prediksi saya untuk tahun depan, untuk WNI di Kuwait  ada baiknya memecah portofolio. Saya membagi menjadi 3 golongan, nantinya tergantung dari masing-masing kepribadian dan sifat anda dalam berinvestasi.

Untuk anda Yang konservatif (comfort zone-cari aman)

1. Deposito dan tabungan (40%)

2. Properti (30%)

3. Emas      (10%)

4. Saham blue chips, reksadana tetap/proteksi, ORI, SUN  (5%)

5. Valas : U$ atau KD (5%)

Moderat (ditengah-tengah)

1. Deposito dan tabungan (30%)

2. Properti     (30%)

3. Emas  (20%)

4. Saham blue chips, reksadana tetap/proteksi, ORI, SUN (10%)

5. Valas : U$ atau KD   (10%)

Agresif

1. Deposito dan tabungan (10%)

2. Properti     (20%)

3. Emas  (10%)

4. Saham , reksadana saham, ORI, SUN (40%)

5. Valas : U$ atau KD   (20%)

Bagaimana menyiasatinya ???

Pertama mesti disiplin menyisihkan income yang diperoleh, misalnya disiplin 50% income dari Kuwait mesti investasi. Mau tidak mau, suka tidak suka anda menyisihkannya 50%, sebelum membayar biaya hidup sehari-hari di Kuwait dan di Indonesia.

Kedua mesti merancang rencana portofolio tahunan.

Ketiga, mesti membuat kegiatan atau bisnis tambahan income (extra income) di Kuwait atau di Indonesia. Baik kita yang mengelola sendiri atau diserahkan ke orang lain, dengan target minimal menutupi biaya hidup di Kuwait atau di Indonesia.

Semua katagori,  apakah anda konservatif, moderat atau agresif dalam investasi , maka tetap memerlukan ketiga strategi tersebut.

nb :

Untuk teman-teman yang masuk katagori agresif, maka dapat segera membuka account untuk trading online saham atau forex sehingga memudahkan trading dari Kuwait. Dengan kecenderungan IHSG tahun 2009 di prediksi sideways antara 1000 - 1800. Namun masing2 kinerja emiten tergantung sektor dimana sektor pertambangan dan perkebunan dapat dipertimbangkan, dan properti serta perbankan secara umum masih cukup menarik di koleksi.

Ada baiknya tetap membeli properti berupa tanah yang harganya masih di bawah 50 jtan bisa yang produktif seperti sawah atau kebun, supaya tidak menyedot duitnya. Untuk sementara hindari berupa apartemen (biaya pemeliharaan mahal), sehingga anda bisa mendapatkan portofolio yang lain.

KD, U$, mata uang spekulatif Yen dan Euro, atau Irak dinar juga bisa menjadi pilihan. Untuk emas usahakan batangan atau koin. Reksadana juga bisa menjadi pilihan.

Bagaimana peluang bisnis???Tentu saja tetap terbuka asal dapat benar2 kita kontrol dan modalnya tidak terlalu besar.

Investasikan waktu, kesehatan  dan pikiran anda juga penting,,,,,dari segalanya.

Selamat tahun baru 2009







No comments: