Monday, November 24, 2008

Due Dilligence BUMI Kelar 1 - 2 hari Lagi


Due Dilligence’ BUMI Kelar 1-2 Hari Lagi


INILAH.COM, Jakarta - Proses due dilligence (DD) terhadap Bumi Resources Tbk (BUMI) akan selesai dalam satu- dua hari ke depan. PT Tambang Batubara Bukit Asam (PTBA) sendiri masih ikut dalam konsorsium Northstar.

Hal ini diutarakan Dirut PTBA, Sukrisno seusai bertemu Menneg BUMN Sofyan Djalil di Jakarta, Senin (24/11). Menurutnya ada 3 hal yang menjadi pertimbangan dalam melakukan due dillegence, yaitu legalitas, finansial, dan operasional. “Itu merupakan satu kesatuan dan tidak dapat dipisah-pishakan,” ujarnya.

Namun, lanjutnya, salah satu yang menjadi pertimbangan saat ini adalah turunnya harga saham BUMI . “Kita masih mempertimbangkan untuk mengambil atau tidak dengan penurunan harga yang mendekati Rp 600 per saham. Jadi kondisinya masih fifty-fifty,” tutur Sukrisno.

PTBA mempertimbangkan 3 hal dalam membeli BUMI ini, yaitu keuntungan, clean, dan transparan. “Nanti kalau sudah selesai DD akan ada public expose dari PTBA,” tukasnya.

PTBA sendiri sudah menyiapkan dan dari stand by loan yang berasal dari pinjaman luar negeri. Itu mengingat pinjaman dalam negeri cost-nya sangat tinggi. “Kalau dilihat tambang lokal, mana ada yang ngasih pinjaman tinggi. Kita tidak mau ada pinjaman Rp 1 miliar misalnya, tapi cost-nya sangat tinggi,” ujarnya.

Dia juga mengaku tidak mempermasalahkan kemungkinan BUMI akan buyback BUMI. “Itu kan merupakan hak mereka,” tukasnya.

comment :
Minggu yang patut dicermati untuk memantau pergerakan BUMI,,,








No comments: