Friday, November 14, 2008

Mengenalkan INIQ8 dan SOFTIKA


Mengenalkan INIQ8(Indonesian Nurses Investment Fund in Kuwait) dan SOFTIKA (Stock and Forex Trading Indonesian - Kuwait Association)



Sepertinya memang saya tidak akan pernah diam untuk berpikir dan bergerak, terlebih saat di Kuwait sekarang ini. Dengan ADL (activity daily living) yang sebenarnya hanya rutinitas saja di negara petro oil seperti Kuwait, memaksa saya dan beberapa teman tetap aktif dan berpikir kreatif. Mulai dari mengenalkan blog, e-learning S1 Keperawatan, PPNI Kuwait, hingga investasi saham tetap saya kenalkan, minimalnya ke teman2 perawat di Kuwait.

Yang pastinya saya tidak akan pernah berhenti berusaha berpikir dan bergerak. Toh sekali lagi kadang mimpi bisa gagal bisa berhasil, namun sekali lagi mimpi itu gratis kok,,,kenapa juga tidak bermimpi.

Saya sendiri mengakui bahwa di Indonesia, terkadang membuat proses pemikiran kreatif sangat berjalan cepat, karena keadaan yang membuat kita harus terus dinamis. Namun itu tidak akan anda temui di Kuwait, karena disini sepertinya rutinitas dan keadaan negara yang memang stabil.

Dari sisi fundamental ekonomi sebenarnya banyak perawat di Kuwait merasakan betul "hikmah" bekerja di luar negeri, bagaimana tidak karena gaji kami naik turun setiap harinya . Tergantung pergerakkan kurs KD (Kuwait Dinar) terhadap U$ dan Rupiah setiap hari, tentunya. Seperti yang saya alami, sebenarnya dari sisi KD tetap namun sebenarnya gaji dari saat datang 2003 : saat itu KD = 3,3 U$ (Rp. 28.000/KD), saat ini KD = 3,7U$ (Rp. 42.000/KD) - telah hampir dua kali lipat nilainya.

Bandingkan saat semisal menjadi Perawat di Indonesia, PNS misalnya - maka kenaikan gaji yang naik turun setiap harinya tidak akan bisa kita temui.

Namun saya tergelitik untuk melihat kenyataan bahwa banyak teman2 saya perawat di Kuwait yang saat ini terus terang gaji minimalnya ada di kisaran Rp.15 jt - 20 jt, masih belum mengoptimalkan bentuk-bentuk investasi dalam kehidupannya.

Mungkin memang belum tahu ??? atau belum mau ??? kalau belum punya dana kan tidak mungkin.

Saya sendiri tidak akan bosan mengenalkan saham sebagai bentuk investasi ke perawat di Kuwait, meskipun IHSG saat ini dalam keadaan bearish. Kadang saya bercanda ke teman, kapan lagi punya kesempatan investasi dan membeli saham kalau tidak saat ini ????

Satu bentuk investasi adalah INIQ8 (Indonesian Nurses Investment Fund in Kuwait) - dimana teman-teman dapat melakukan bentuk investasi, dimana teman-teman di Kuwait (limited 10 unit saja). Teman - teman mendapatkan fixed rate 20%/tahun dengan sistem bagi hasil 30% : 70% di saat jatuh tempo selama setahun.

Bandingkan jika teman-teman menginvestasikannya di tabungan yang hanya 5%-6%/thn (uang tabungan 25 jt, paling dapat 70 rb/bulan masih di potong pajak). Sehingga uang teman-teman tergerus inflasi. Karena teman2 mesti memahami arti menabung dengan investasi adalah jauh berbeda.....

Bagaimanapun investasi mesti menyebar- untuk mengurangi resiko,,kenapa tidak mencobanya di saham ????

Kedua saya ingin merangkul teman2 trader saham dan forex di Kuwait membentuk SOFTIKA (Stock and Forex Trading Indonesian - Kuwait Association) yang beranggotakan teman2 perawat atau WNI yang hobi investasi dan trading di saham dan forex. Semoga terwujud,,jangan kalah dong dengan paguyuban arisan,,,,,,

Minimalnya kita bisa gathering, sharing informasi belajar TA dan FA bersama.










No comments: