Saturday, January 17, 2009

4 Tipe Trader Saham

4 Tipe Trader Saham

Tidak ada satu bentuk pun investasi yang tidak mengenal resiko. "No Pain no Gain, High Risk High Gain".

Dalam perdagangan saham, ada 2 kelompok besar yaitu INVESTOR dan TRADER. Investor adalah orang yang berinvestasi di saham dalam waktu panjang/long term; dengan mengharapkan kenaikan nilai saham/capital gain dan deviden, dan lebih bersikap pasif.

Sedangkan TRADER , adalah pedagang saham yang memainkan sahamnya dalam one day trading/harian, mingguan atau bulanan dengan periode short/mid term.

Namun kadangkala,,keduanya menyatu dalam satu individu. Pada saham tertentu mereka menjadi TRADER dan adakalanya menjadi INVESTOR.

Semua tergantung kesukaan dan kemampuan indivudu yang bersangkutan.

Ada 4 macam jenis TRADER

1. TIPE ISENG

Ada yang menjadikan saham hanya sebagai iseng, ikut trend, atau gengsi. Mereka senang dan bangga dijuluki investor, dan biasanya memakai cara coba-coba (trial and eror). Mereka tidak mengharapkan menang, rugipun tak jadi soal. Dana yang diputar dalam kelompok ini sangat kecil, dan menggunakan dana menganggur. Meski demikian kelompok ini terus bertambah, dan bahkan ada yang meningkat ke tipe kedua. Mereka bisa sambil bekerja atau bisnis yang lain.

2. TIPE BELAJAR

Mereka yang mengerti dan mengenal seluk beluk pasar modal, namun karena belajar otomatis pengalamannya sangat minim. Yang membedakan dengan tipe iseng, mereka ngak mau rugi; dan mempelajari analisa fundamental dan analisa tehnikal dalam perdagangan saham. Dan mulai tertarik untuk mengikuti berita, rumor dan semua aspek tentang saham. Umumnya juga tipe ini sambil tetap bekerja, atau melakukan bisnis atau investasi lainnya.

3. TIPE PENCARI NAFKAH/PROFESIONAL

Saham adalah pekerjaan mereka, mereka berkarir, menghidupi keluarga dan membiayai anak sekolah dari saham. Mereka tidak mau rugi, dan untung ingin sebesar2nya. Pengalaman tentang dunia saham sangat luas. Pokoknya segala sesuatu tentang saham dan pasar modal, tehnikal analisis dan fundamental analisis dikuasai.

Mereka bahkan rela meninggalkan pasar saham, dan switch ke ke bentuk yang lain seperti obligasi atau SUN, jika dirasakan market akan turun. 

4. TIPE MAFIA ATAU BANDAR

Kelompok ini adalah BIG PLAYER, mereka mengusai bahkan hampir semua emiten. Kapitalisasi harian besar diatas 10 milyar perhari, dan memiliki banyak jaringan. Kelompok yang banyak mencari keuntungan dalam keterbatasan aturan pasar modal, dan bisa membuat market mover.










No comments: