Tuesday, January 20, 2009

Invest Ur Time first, then ur thingking,,and the last ur MONEY



Invest ur time first, then ur thingking,,,and the last one ur MONEY

Dalam melakukan bentuk investasi, ada baiknya kita melakukan langkah yang tepat; dengan menginvestasikan waktu luang kita terlebih dahulu, kemudian pemikiran kita dan baru terakhir uang kita.

Hal ini saya sarankan ke beberapa TKI di Kuwait, dalam menghadapi kontraksi ekonomi saat ini dan dimasa mendatang. Demikian pula pada investasi saham, jangan menganggapnya mudah seperti membeli baju. Saat kita ingin membeli baju saja kita mesti tahu warna, merk, harga, kualitas baju sebelum membelinya. Kemudian datang berkunjung ke toko baju, cek barang baru kemudian memutuskan membeli atau tidaknya; demikian pula saham.

Yakinkan diri anda bahwa, ingin melakukan investasi, dengan tetap ada keinginan belajar. Seperti kemarin saya mencari beberapa buku di Kuwait, dan mendapatkan 2 buku berbahasa inggris "How to get started in active Trading and Investing" kar.David S Nassar; dan "Hot Trading Secret" kar. Chistroper Amberger; di toko buku langganan saya. Hari itu sepertinya kartu diskon saya 15% ketinggalan, dan enaknya di Kuwait semua sudah sistem komputerisasi; sehingga saat saya katakan ke CS nya tinggal melihat dari no telepon kita, langsung jadi kartu yang baru. Makanya disini tidak mungkin ada KTP ganda ...sekarang ingin membeli atau menukar uang di money exchange di Kuwait saja mesti menunjukkan KTP/CID.

Saya sendiri banyak belajar secara AUTODIDAK selama ini, bisa bahasa inggris meski "belepotan" juga tidak pernah ikut kursus, saat teman SMA saya sudah pada ikut kursus bahasa inggris di LIA, BBC, ELT, dll --- untungnya guru bahasa inggris saya "sangat galak" sehingga semua muridnya dipaksa belajar. DIPAKSA !!!!

Demikian juga investasi, jangan harap anda akan sukses, kalau tidak disiplin menerapkan TRADING Plan dan belajar tentang segala sesuatu tentang saham. Lebih baik,, gunakan 4-6 jam sehari waktu luang di luar waktu bekerja di Kuwait, digunakan browsing dan membaca segala sesuatu ttg investasi; ketimbang tidur atau "ger-ger-ger-ger". Ikut seminar saat cuti di Indonesia, beli buku ttg saham, baca riset sekuritas, dsb. Nanti lama-lama akan terbiasa,, sama seperti bahasa inggris atau bahkan bahasa arab juga, saya bisa sedikit2 karena terbiasa. 

Sehingga kalau ada teman - teman di Kuwait yang tertarik dalam perdagangan saham, saya selalu menyarankan investasikan waktu dan pikirannya dulu, sebelum memutuskan membuka account di sekuritas.









No comments: