Monday, January 05, 2009

Ramalan Mama Laurent 2009 dan tahun Kerbau Api




Ramalan Mama Laurent 2009 dan Tahun Kerbau Api

Seorang investor memang dituntut untuk dapat melakukan analisa tehnikal dan analisa fundamental terhadap pergerakan saham, komoditas dan valas, agar dapat memaksimalkan keuntungan yang diperoleh. Namun terkadang mereka juga mempercayai juga analis saham yang memang sudah berpengalaman, dan memperhatikan kondisi makro dan mikro ekonomi di tahun ini.

Seperti minggu kemarin kami disini berdiskusi, maklum Kuwait sekarang telah memasuki musim dingin dengan suhu mendekati 5'C. Sehingga obrol-obrol dan bincang-bincang sekedar menghangatkan suasana, meskipun saya sendiri tetap ikut berlatih sepak bola meskipun dingin sekali. Obrolan sangat hangat, sampai akhirnya membahas prediksi ramalan ekonomi dan politik di tahun 2009.

Juga menyentuh investasi saham dan valas....yang pastinya ada beberapa teman yang akan membuka account saham baru saat cuti nanti. Buat saya, mengenalkan saham ke teman perawat di Kuwait adalah satu keinginan memperkenalkan salah satu jenis investasi, yang baru untuk mereka "NOTHING ELSE MATTER". Bukan berarti "KITA KAYA" jika berinvestasi saham, bahkan mahasiswa FE misalnya saja di UI banyak yang memiliki account saham, baik sendiri atau pun patungan. Jadi Saham sekali lagi adalah bentuk Investasi, selain properti, tabungan, deposito, obligasi, valas (mata uang asing), emas, reksadana; tidak lebih.

Kalau ada teman di Kuwait yang mampu menghabiskan dana yang diperolehnya dari hasil bekerja di Kuwait; dan tanpa pertimbangan matang bahwa tergerus oleh waktu; maka saya yang merasa prihatin terlebih dulu. Bukan apa-apa, kebijaksanaan dalam masalah finansial mesti di kedepankan. Apakah kita telah disiplin setiap tahun melakukan investasi, bukan disiplin over konsumtif.

Toh memang masalah finansial adalah keputusan pribadi, uang anda tambah atau kurang, tidak akan menambah atau mengurangi uang orang lain juga. Dan saya yakin banyak WNI di Kuwait juga banyak yang telah melakukan investasi lainnya. Namun saya tetap memperkenalkan investasi dan trading saham, lebih karena saya tahu sedikit tentang itu.
Buat saya tambahan 100 rb, 200 rb atau sejuta rupiah adalah berkah yang mesti disyukuri di hari yang bergulir, karena toh tidak mengurangi gaji dari Kuwait. "Yesterday history, today our blessing and Tomorrow mistery". Bayangkan banyak orang di Indonesia, untuk mendapatkan 50 rb perhari mesti bekerja informal misalnya jadi tukang galian kabel, dsb; berkeringat di tempa panasnya terik matahari, dihantam dinginnya hujan.
Kita mesti mensyukurinya dengan mengkonsumsi seperlunya, menginvestasikan dan beramal sholeh; kalau ingin harta kita di ridhoi bukan???

Jangan bandingkan Kuwaity- yang tidur saja dapat 350 KD perbulan, yang baru lahir saja dapat tunjangan negara 50 KD per bulan, karena pengeluaran mereka juga ikut besar. Untuk kita yang memang sementara saja bekerja di Kuwait, maka mesti bijak memanfaatkan uang yang telah diperolehnya. Anggap saja seperti transit pesawat untuk berganti pesawat lain, anda boleh saja belanja di tempat transit tersebut, tapi sangat tidak bijak jika menurunkan semua barang bawaan di bagasi; kalau yang di kabin memang mesti selalu kita bawa.

Oh yah kembali ke Ramalan Mama Laurent bisa di baca di ramalan 2009, boleh percaya boleh tidak, namun bisa menjadi bahan bacaan dan pertimbangan; ujung2nya
disclaimer on

EKONOMI
- Banyak cobaan di sisi properti, pertambangan, perkebunan, penerbangan, perkapalan, dan perminyakan.
- Banyak perusahaan yang gulung tikar dan mem-PHK karyawannya.
- Investor di bisnis properti sebaiknya lebih bersabar.
- Bursa saham akan ditutup di beberapa negara termasuk Indonesia.
- Harga sandang dan pangan juga melonjak naik.








No comments: