Wednesday, September 03, 2008

Back To Basic ---- Belajar 2

Back To Basic ---- Belajar 2

Invest Your time first, then ur brain and last but not least YOUR Money

Terus terang saat ini banyak senior saya (perawat Kuwait yang tiba lebih awal sebelum saya - sebelum akhir 2003), yang semakin tertarik belajar dan berdiskusi dalam trading/investasi saham.

Hal yang wajar, mungkin sama seperti saya yang telah separuh kakinya di Kuwait - sedangkan satu kaki lagi hati, pikiran dan perasaan nya telah ada di Indonesia.

Saya tetap memberikan semangat dan memotivasi mereka dengan chart, buku dan cerita - terkadang sama2 diskusi cara membaca TA sampai malam. Kadang ada juga yang semangat ingin langsung menginvestasikan uangnya ada yang sampai 10% total asetnya langsung.

Sabar saya katakan,,,, Belajar dulu,,, saya selalu menganjurkan BELAJAR ... Invest ur time first --- saya belajar 6 bulan sebelum tahu TA dan FA baru mulai invest, itu pun masih buta - setiap malam sepulang dinas baca buku, browsing, follow up bloglines saham, masuk forum. Kemudian invest ur brain - buat komitmen seperti TERAPI KOGNITIF, ini yang susah karena awalnya saya otodidak, sampai hari ini sampai kapanpun saya tetap belajar saham.

Tidak ada yang instant --- biasanya yang instant malah akhirnya cepat "basi". Saya tetap merasakan masih belajar dalam saham, dan dalam hal apapun juga. Kalau ingin instan yah saya sarankan lebih baik taruh aja uang teman-teman di properti atau deposito, artinya lebih baik begitu -- tidak ingin belajar lebih dulu.

Jadi :

1. Investasikan waktunya untuk belajar TA dan FA, baca berita dan rumor emiten, follow up perkembangan chart, volume dan harga saham masing-masing emiten yang masuk dalam portofolio kita.

2. Investasikan pikirannya -- mungkin sambil tidur atau sambil kerja akhirnya coret2 TA, portofolio dalam hayal, hitung2 PER dan EPS, dsb.

3. Baru terakhir -- jangan kelamaan belajar, toleransi sambil siapkan mental anda di market selama 6 bulan setelah itu segera buka account dan trading. Investasikan uangnya di saham.

Sejalan dengan 3 E (education, experience dan excessive cash) -nya vierjamal.

Kalau ada yang penasaran --- gampang aja, ajak mereka ke depan komputer, buka chart yahoo finance, lihat ke belakang harga 5 tahun di 2003 semua harga emiten di JKSE terutama sektor komoditas energi dan tambang.

Katakanlah andai saya dan teman2 taruh uang satu bulan gaji untuk beli satu emiten saja saat itu seperti PTBA, uang anda berkembang pesat.

Rp. 10 juta di tahun 2003, Rp. 500 per lembar dapat = 40 lot (20.000 lembar) dimana sekarang PTBA hari ini di Rp.12.900 per lembar --- jadi Rp. 258. juta diluar deviden.


Bulan depannya beli BUMI, sat itu harga BUMI Rp. 20 lembar per saham, 10 juta dapat 100 lot - yah hitung sendiri aja , namanya juga andai..........

Dan andai teman anda itu masih senyum2 kecut juga yah sudah, tutup komputer dan lebih baik tidur, kerja, makan, jalan2 - lakukan aktifitas rutin sampai tidak terasa masa golden age teman-teman lewat. Puber kedua nya lewat, menjelang menopause, namun dalam trap - jebakan kehidupan rutinitas. maaf sarkasme .....

Terus terang saya masih menjalani kehidupan itu, namun ada saatnya saya ingin menikmati kehidupan berkeluarga yang saat ini masih belum maksimal. Namun secara finansial telah free.

Btw buat Al, bud, ras ... INDF, telah membentuk cup hundlle - cangkir yah,,, time to collect again...but remember Volume drive everything !!!










2 comments:

azfaAZ said...

hah hah hah... bikin penasaran memang....
terus lah artikel2nya biar saya semangat invest hehehe

azfaAZ said...

ramadan mubarak juga oom...