Wednesday, September 10, 2008

FEAR TODAY ----- IHSG


FEAR TODAY ---- IHSG

Fear = ketakutan, panic selling, redemption, margin call, cut loss. Kalau kita melihat semua berita IHSG yang ada saat ini, adalah breakout terdalamnya IHSG selama setahun, 1885 indeks ditutup. Entah ini merupakan hallo efek dari bursa regional, tingginya inflasi dalam negeri, penurunan harga minyak bumi mendekati U$ 100/barrel- atau memang investor asing switch sesaat ke bentuk portofolio lain dan lepas saham di BEI.

Namun semuanya ini adalah bentuk FEAR -- ketakutan, betapa IHSG bisa membuat  investor dan trader retail khususnya (perorangan) sedikit bernafas dalam dan garuk2 kepala. Fear umum terjadi saat market sedang bearish, dan September memang terkenal dengan bulannya bearish di pasar modal.

Fear juga bisa mengalahkan rasional, logika, hitung2an matematis. Rasional saat bearish adalah saat yang tepat masuk untuk investor pemula, mencicil collect saham long/mid term dan bargaining buy; dan menselektif mana saham yang kuat saat bearish, dan potensi rebound saat market bergairah kembali di Oktober/Desember.

Logika bahwa korporasi memang sedang membuy back saham dengan murah, lihat aksi BUMI buyback 1,96 juta lembar saham. Dan hitung2an support yang tembus dan resisten yang tidak tersentuh -- menambah FEAR kita.

Awal kegagalan adalah saat FEAR mengalahkan rasional, logika dan hitung2an. Dan awal kehancuran adalah saat GREED/serakah mengalahkan rasional, logika dan hitung2an. Sebenarnya sekaranglah ujian sebenarnya untuk  mengalahkan Fear buat investor retail,,,,alih2 sebenarnya IHSG yang downtrend dan crash adalah waktu yang tepat untuk mulai masuk,,,selama amunisinya tetap ada.

 










No comments: