Friday, September 05, 2008

Dibalik IHSG yang sedang downtrend


Dibalik IHSG yang sedang downtrend

Jumat kemarin 5 Sept 2008 adalah hari termuram buat IHSG dimana indeks melemah ditutup 2022 , melemah 52,67 point sebelum penutupan sehari sebelumnya - dan sempat menyentuh 1999 point. Buat yang mengikuti market hal ini telah diprediksi, seiring penurunan komoditas terutama minyak bumi yang ditutup di U$ 106/barrel - seiring pengumuman kenaikan BI rate 0,25% di hari kamis.

Saya masih newbie - masuk dalam market yang masih sideways, dengan trend bearish, tentu galau juga. Meskipun saat ini lebih banyak wait and see dan menyiapkan cash position saja.

Memang false signal IHSG di tanggal 1 -3 Sept 2008 kemarin ternyata telah dibaca beberapa profesional trader, dan saling mengingatkan. Hal ini memang terkait dengan aktifitas market mover, corporate dan fund manager - yang tentu saja tetap ingin mengambil keuntungan saat bearish sekalipun dan menjajal likuiditas IHSG.

Retail tentu saja akan bersikap cutloss dan masuk dengan hati-hati,, hit and run. Sambil bersabar agar angin indeks jelas, meskipun beberapa broker telah melihat support 2 - IHSG sebenarnya telah jebol, dan bisa saja senin koreksi sedikit - namun selama belum ada berita ekonomi yang positif, IHSG kemungkinan memang terbawa arus indeks regional dan penurunan harga komoditi terutama minyak.

Pada akhirnya keputusan untuk tetap pantau dan collect sedikit emiten yang terkait dengan energi, secara hati-hati karena memang harganya yang sudah rendah. Dan akhirnya memang kesabaran kita sedang diuji, DAN SALING MENGINGATKAN SESAMA RETAIL - saat market sedang bearish. Kondisi ini akan tetap berpotensial terjadi sampai menjelang desember saat emiten melakukan aksi window dressing.

Namun masih untung juga buat kita yang di-kuwait yah dengan naik sedikit demi sedikit KD ke rupiahnya. Ini lah untungnya menaruh investasi dalam beberapa keranjang-kan...., ditunggu yah belajar bersamanya dan trading bareng - habis gajian nanti, selamat juga buat yang dapat excellent.

Estimated exchange rate : 1 Kuwaiti Dinar = 34,153.566406 Rupiah

SMART dalam investasi dimanapun kita berada.










No comments: