Monday, September 01, 2008

Inflasi Tahunan di 11,85%



Inflasi Tahunan Indonesia Turun Tipis Ke Posisi 11,85%
Senin, 1 September 2008


(Vibiznews - Economy) - Badan Pusat Statistik pada hari ini (1/9) mengumumkan bahwa tingkat inflasi pada bulan Agustus ini sebesar 0,51%. Sedangkan inflasi tahunan tercatat mengalami penurunan tipis sebesar 11,85% atau melemah tipis dibandingkan dengan inflasi tahunan yang dirilis pada bulan Juli lalu yang sebesar 11,9%.

Level tersebut diluar dugaan banyak pihak yang memperkirakan bahwa tingkat inflasi pada Agustus ini akan mengalami kenaikan hingga menembus level 12%. Hal tersebut didorong oleh sentimen akan momentum akan datangnya bulan puasa yang bertepatan di awal bulan September ini. Hal ini cukup kontras dengan pernyataan yang dikeluarkan oleh BPS sebelumnya yang menyatakan bahwa tingkat inflasi dipastikan akan menurun mengingat pada bulan Agustus lalu, dampak dari kenaikkan harga BBM telah berkurang dan harga - harga akan kembali pada posisi normal.

Level inflasi pada bulan Agustus didorong oleh naiknya harga bahan makanan yang berkisar 0,9%, tembakau 0,56%, dan sektor perumahan, air, listrik dan gas bahan bakar yang sebesar 0,53%.









No comments: