Saturday, September 20, 2008

Obrolan Malam Minggu : Minyak Koreksi Menembus U$ 100/barrel


Minyak Koreksi Menembus U$ 100/barrel

Harga komoditas terutama minyak kembali koreksi menembus U$ 100/barrel. Pada dasarnya energi minyak dan gas, serta bahan tambang dasar : seperti emas, akan selalu bergerak dinamis mengikuti kondisi ekonomi dunia. 

Tentu saja hal ini membuat portofolio (penempatan dana investasi) kita juga sebaiknya beragam sehingga saat satu sektor menurun, namun diimbangi dengan kenaikan di tempat lainnya. Ada salah satu teman saya yang telah sangat cerdas menempatkan dananya, sehingga  saat IHSG crash di level 1700 dia swicth segera - walhasil dalam 2 hari dia dapat gain 1/2 gajinya dari Kuwait (tanpa modal -pakai fasilitas margin) dengan mentradingkan aktif ANTM, INCO, PGAS, BUMI.

Sejak awal memang kita mesti membackup portofolio :

1. Properti (naik rata2 20%, jualnya paling cepat 1 tahun baru laku)

2. Deposito/tabungan (likuid langsung jadi uang, bunga 8% belum kena pajak, inflasi rata-rata 12%/tahun)

3. Emas - bentuk fisik atau saham emiten emas  (naik rata2 15%/tahun) - real money

4. Valas - nahan KD atau U$ dollar

5. Reksadana -- bisa pendapatan tetap, campuran atau saham

6. Saham itu sendiri

Tentu saja masing2 prosentasenya tergantung kita, dan kemampuan pendanaannya. Saat ekonomi naik turun, saham memang bergejolak. Namun saat pasar kembali bullish, maka saham sangat menarik.

Ada sebuah anekdot di sebuah seminar besar yang dihadiri 1000 peserta, seorang pembicara kawakan mengacungkan pertanyaan kepada semua peserta : " Siapa yang mau sebuah hadiah mobil jaguar gratis, sambil ia mengacungkan kunci mobilnya ----- hampir 900 peserta semua mengacungkan diri bahkan ada yang berdiri di kursi, saya-saya pak", namun tidak ada yang berani maju kedepan dan mengambil kunci tersebut dari tangan si pembicara --- "Yah sudah karena tidak ada yang maju", kuncinya sudah masuk kantong saya lagi ---threat ditutup "katanya dengan enteng..".

Artinya lebih baik ada teman saya yang tanpa TA, atau modal tapi berani langsung terjun ke market. Sementara ada pakar yang setiap hari melakukan penelitian, riset namun tidak melakukan tindakan apapun, hanya riset sebatas riset ----NIL. Mimpi boleh dijaga, namun mimpi tanpa tindakan lebih berbahaya.

Thing big, start small, Act NOW......

Selamat kepada mahasiswa e-learning FIK Unpad Kuwait -- 24 orang, karena 2 tahun lagi anda wisuda,,,,sementara yang lainnya mungkin saat resign baru kuliah lagi.

Selamat kepada trader saham hawally yang telah collect dan aktif trading.

Jangan lupa terus belajar,,Out of Box --keluar dari kotak kehidupan yang rutinitas selama ini ada.










No comments: