Monday, September 01, 2008

Bahana Sekuritas Calon Underwriter IPO BUMN - KS, BTN, PTPN

Bahana Calon Underwriter IPO BUMN

INILAH.COM, Jakarta

PT Bahana Securities mengikuti seleksi (beauty contest) pelaksana penjamin emisi (underwriter) yang digelar lima BUMN yang akan melakukan penawaran umum saham perdana saham (IPO) tahun ini.

Adapun lima BUMN yang akan melakukan IPO itu adalah PT Krakatau Steel, Bank BTN, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III, PTPN IV dan PTPN VII.

"Kami memasukkan proposal ke semua perusahaan itu sebagai underwriter. Akan tetapi belum ada hasilnya," kata Direktur Utama Bahana Securities, Heri Sunaryadi, di Jakarta, Senin (1/9).
Saat ini kelima BUMN itu tengah menyelesaikan tahap beauty contest untuk menetapkan tujuh lembaga penunjang IPO, antara lain underwriter, penasihat keuangan, penasihat hukum, dan administrasi penawaran umum. Heri menjelaskan, keikutsertaan Bahana pada prakualifikasi itu hanya fokus pada pelaksana penjamin emisi saja.

"Semua perusahaan yang ikut babak prakualifikasi berpeluang untuk menang. Akan tetapi jika tersisih (underwriter), Bahana belum berecana beralih menjadi penasihat keuangan," ujarnya.
Khusus untuk IPO Krakatau Steel, informasi yang berkembang menyebutkan bahwa Bahana Securities telah ditunjuk sebagai pelaksana penjamin emisi dan akan berkonsorsium dengan Mandiri Sekuritas.

Secara terpisah, Direktur Pemasaran Krakatau Steel Irvan Kamal Hakim menyatakan proses prakualifikasi masih berlangsung dan belum final. "Karena untuk menentukan penjamin emisi, sepenuhnya merupakan kewenanagan Menteri BUMN," ujar Irvan.
Dalam IPO yang ditargetkan terealisasi November 2008 itu, KS memperkirakan perolehan dana sebesar Rp 3 triliun hingga Rp 4 triliun. Dana itu akan menutup sebagian dari total kebutuhan sebesar US$ 1,5 miliar dalam lima tahun ke depan.

Selain Bahana, sejumlah perusahaan sekuritas lainnya yang ikut dalam beauty contest di KS, yaitu Danareksa Sekuritas, dan Citigroup dengan PT Indo Premier Securities, Credit Suisse, PT DBS Securities Indonesia, CLSA, serta CIMB GK Securities Indonesia









No comments: